Selasa, 28 November 2017

Peningkatan Profesionalisme Pengelola Pendidikan dan Pelatihan Guna Menghasilkan Output yang Kompeten dan Profesional

Assalamu’alaikum...wr.wb.
Halooooo para blogspot sekaliaann,disini saya akan memaparkan penelitian terbaru tentang pengelolaan pendidikan dari jurnal yang berjudul :

Peningkatan Profesionalisme Pengelola Pendidikan dan Pelatihan Guna Menghasilkan Output yang Kompeten dan Profesional
Oleh : Agung Basuki

Permasalahan
Permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan tujuan dan sasaran pendidikan dan pelatihan yang efektif dan efisien adalah pengangkatan Pejabat yang tidak memperhatikan persyaratan teknis seperti yang diamanatkan dalam peraturan di atas.

Dampak
Dampak yang muncul dari permasalahan di atas, antara lain : pencapaian sasaran organisasi tidak efektif, terjadi pemborosan uang negara karena membayar tunjangan jabatan yang ternyata tidak menjamin bahwa tupoksi akan dilaksanakan dengan baik dan juga pemborosan karena pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan tidak mencapai sasaran yang diinginkan.

Solusi
Dari permasalahan dan dampak yang muncul, maka ada beberapa alternatif solusi yang bisa dilaksanakan, antara lain :
a. Para pejabat yang diangkat yang tidak sesuai latar belakang pendidikan dan atau bukan pejabat karier harus mempelajari memahami tugas pokok, fungsi tanggungjawab dan kewenangan jabatannya dengan sebaik-baiknya;
b. Melakukan Koordinasi, konsultasi dan komunikasi serta melakukan kerja sama dengan seluruh Bidang dan Sekretariat yang ada di lembaga pendidikan dan pelatihan, terutama dengan staf/pejabat karir yang sudah memahami dan menguasai tugas pokok dan fungsi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan;
c. Mengikuti pendidikan dan pelatihan teknis yang terkait dengan persyaratan untuk menduduki jabatan tersebut, dalam hal ini mengikuti pendidikan dan pelatihan penyelenggaraa pendidikan dan pelatihan (Management Of Training/MOT) dan pendidikan dan pelatihan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD).
d. Merekomendasikan kepada pejabat yang berwenang dalam mutasi pegawai agar tidak memutasikan pegawai yang telah dididik dan memiliki kompetensi sebagai pengelola pendidikan dan pelatihan dalam jangka waktu tertentu.


Kesimpulan
Sebagai kesimpulan dari pembahasan tentang peningkatan profesionalisme pengelola pendidikan dan pelatihan ini adalah:
1. Tujuan Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan adalah meningkatkan kompetensi dan profesinalitas sumber daya manusia aparatur;
2. Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan akan dapat mencapai tujuannya jika dikelola oleh pejabat professional;
3. Pengelola pendidikan dan pelatihan menjadi professional jika pejabat yang diangkat menjadi pengelola pendidikan dan pelatihan berlatar belakang pendidikan dalam bidang kediklatan;

Peningkatan profesionalitas pengelola pendidikan dan pelatihan akan terwujud jika mampu menempuh beberapa langkah sebagai berikut: melakukan koordinasi, konsultasi dan komunikasi serta melakukan kerja sama dengan seluruh Bidang dan Sekretariat yang ada di lembaga pendidikan dan pelatihan; Mengikuti pendidikan dan pelatihan teknis yang terkait dengan persyaratan untuk menduduki jabatan tersebut, dalam hal ini mengikuti pendidikan dan pelatihan penyelenggaraa pendidikan dan pelatihan (Management Of Training/MOT) dan pendidikan dan pelatihan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD).

Sumber Referensi :
Basuki,Agung 2014,’Peningkatan Profesionalisme Pengelola Pendidikan dan Pelatihan Guna Menghasilkan Output yang Kompeten dan Profesional’,Jurnal Lingkar Widyaiswara,vol.1,no.1.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar