REVIEW JURNAL
Judul
|
Penggunaan
Metode Peer Tutoring dengan Kassitu untuk Meningkatkan Motivasi dan
Hasil Belajar IPA Fisika
|
Jurnal
|
JRKPF UAD
|
Vol, No & Hal
|
Vol.2 No.2
|
ISSN
|
-
|
Tahun
|
Oktober 2015
|
Penulis
|
Sujatmiani
|
Reviewer
|
Nurvadila
|
Tanggal
|
24 Maret 2019
|
Tujuan Penelitian
|
Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar menggunakan
metode peer tutoriing dengan Kassitu.
|
Subjek Penelitian
|
Penelitian ini
dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 5 Kepil Kabupaten Wonosobo Jawa
Tengah
|
Rancangan Penelitian
|
Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom
action research). PTK
meliputi empat tahapan utama yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Keempat tahap tersebut tergabung dalam suatu siklus,
dan siklus tersebut dapat diulangi lagi ketika hasil dalam siklus sebelumnya
dianggap belum berhasil [21][22]
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing- masing siklus
sebanyak 2x pertemuan menggunakan metode peer tutoring dengan kassitu.
|
Hasil Penelitian
|
Motivasi
Belajar
Besar prosentase motivasi belajar siswa dari pra siklus yaitu 64,42%,
siklus 1 yaitu 69,81% dan siklus 2 yaitu 72,01%.
|
Kesimpulan
|
Metode
pembelajaran Peer Tutoring dengan Kassitu dapat meningkatkan motivasi dan
hasil belajar IPA di kelas VIIIB SMP N 5 Kepil.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar