Selasa, 19 Maret 2019

1. REVIEW JURNAL PT


REVIEW JURNAL
Judul
Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon
Jurnal
Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains
Vol, No & Hal
Vol 1 No 1 pp. 33-39
ISSN
-
Tahun
2018
Penulis
Muchammad Irfan Kusumah, Sutisna, Damar Septian 
Reviewer
Nurvadila
Tanggal
19 Maret 2019
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) dalam meningkatkan hasil belajar (kognitif) dan sikap siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MIPA MAN 1 Cirebon tahun ajaran 2016/2017 pada pokok bahasan vector.
Subjek Penelitian
Keseluruhan kelas X MIPA MAN 1 Cirebon tahun ajaran 2016/2017 semester 1 yang berjumlah 121 siswa, terdiri dari terdiri 42 siswa laki-laki dan 79 siswa perempuan yang terbagi menjadi 4 kelas.
Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian posttest only control design.
Hasil Penelitian
Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 dengan jumlah 30 siswa sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas X MIPA 2 dengan jumlah 31 siswa. Hasil validasi didapatkan soal valid sebanyak 23 soal sedangkan soal yang tidak valid sebanyak 7 soal. Hasil reliabilitas soal didapatkan nilai sebesar 0,87 menurut kriteria, penilaian berarti sangat tinggi. Hasil daya pembeda didapatkan 17 soal berkriteria baik, 9 soal berkriteria cukup, dan 4 soal berkriteria jelek. Hasil tingkat kesukaran didapatkan 29 soal berkriteria sedang dan 1 soal berkriteria sukar. Setelah beberapa soal yang diperbaiki dan berdiskusi dengan dosen pembimbing maka peneliti menggunakan soal untuk posttest sebanyak 20 soal.  Hasil posttest dari kelas eksperimen dan kontrol dapat dilihat pada tabel 1.
Proses pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah (konvensional), dimana peneliti hanya sekedar menjelaskan materi di depan kelas sedangkan siswa hanya memperhatikan. Proses pembelajaran pada kelas kontrol berlangsung selama dua pertemuan dan setelah itu dilakukan uji posttest untuk mengetahui hasil belajar (kognitif siswa). Pada kelas kontrol diperoleh nilai posttest rata-rata sebesar 6,4 sedangkan untuk nilai tertinggi dan terendah masing-masing adalah 8,0 dan 3,5. Berdasarkan hasil posttest menggambarkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol antara siswa yang mendapat nilai terendah dan tertinggi terdapat perbedaan yang cukup jauh. Perbedaan ini dimungkinkan karena fokus siswa satu dengan yang lain berbeda, dimana saat proses pembelajaran menggunakan ceramah (konvensional) terdapat siswa yang fokus terhadap proses pembelajaran akan tetapi banyak juga siswa yang masih sibuk dengan urusannya sendiri seperti mengobrol, bercanda, dan sebagainya. Ini juga terlihat dari hasil penilaian sikap pada kelas kontrol baik pada pertemuan pertama dan  pertemuan kedua termasuk pada kategori cukup yang berarti fokus siswa terhadap pembelajaran masih kurang.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa: 1) ada pengaruh positif metode pembelajaran tutor sebaya yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA MAN 3 Cirebon sebesar 16,8 %; 2) sikap siswa yang di ajar menggunakan metode tutor sebaya yang meliputi aspek disiplin, jujur, tanggung jawab, dan kerja sama menjadi lebih meningkat. Hal ini dapat dilihat pada berdasarkan lembar observasi afektif (sikap siswa) pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata pertemuan pertama sebesar 2,5 dan pertemuan kedua sebesar 2,7 menurut pengkategorian skor termasuk dalam kategori baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar