REVIEW JURNAL
Judul
|
Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer
Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok
Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon
|
Jurnal
|
Jurnal
Pendidikan Fisika dan Sains
|
Vol, No & Hal
|
Vol 1 No 1 pp.
33-39
|
ISSN
|
-
|
Tahun
|
2018
|
Penulis
|
Muchammad
Irfan Kusumah, Sutisna, Damar Septian
|
Reviewer
|
Nurvadila
|
Tanggal
|
19 Maret 2019
|
Tujuan Penelitian
|
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya (peer
teaching) dalam meningkatkan hasil belajar (kognitif) dan sikap siswa pada
mata pelajaran fisika kelas X MIPA MAN 1 Cirebon tahun ajaran 2016/2017 pada
pokok bahasan vector.
|
Subjek Penelitian
|
Keseluruhan
kelas X MIPA MAN 1 Cirebon tahun ajaran 2016/2017 semester 1 yang berjumlah
121 siswa, terdiri dari terdiri 42 siswa laki-laki dan 79 siswa perempuan
yang terbagi menjadi 4 kelas.
|
Jenis Penelitian
|
Jenis
penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain
penelitian posttest only control design.
|
Hasil Penelitian
|
Kelas
eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 3 dengan jumlah 30 siswa
sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas X MIPA 2 dengan jumlah 31 siswa.
Hasil validasi didapatkan soal valid sebanyak 23 soal sedangkan soal yang
tidak valid sebanyak 7 soal. Hasil reliabilitas soal didapatkan nilai sebesar
0,87 menurut kriteria, penilaian berarti sangat tinggi. Hasil daya pembeda
didapatkan 17 soal berkriteria baik, 9 soal berkriteria cukup, dan 4 soal
berkriteria jelek. Hasil tingkat kesukaran didapatkan 29 soal berkriteria
sedang dan 1 soal berkriteria sukar. Setelah beberapa soal yang diperbaiki
dan berdiskusi dengan dosen pembimbing maka peneliti menggunakan soal untuk
posttest sebanyak 20 soal. Hasil
posttest dari kelas eksperimen dan kontrol dapat dilihat pada tabel 1.
Proses
pembelajaran pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah (konvensional),
dimana peneliti hanya sekedar menjelaskan materi di depan kelas sedangkan
siswa hanya memperhatikan. Proses pembelajaran pada kelas kontrol berlangsung
selama dua pertemuan dan setelah itu dilakukan uji posttest untuk mengetahui
hasil belajar (kognitif siswa). Pada kelas kontrol diperoleh nilai posttest
rata-rata sebesar 6,4 sedangkan untuk nilai tertinggi dan terendah
masing-masing adalah 8,0 dan 3,5. Berdasarkan hasil posttest menggambarkan
hasil belajar siswa pada kelas kontrol antara siswa yang mendapat nilai
terendah dan tertinggi terdapat perbedaan yang cukup jauh. Perbedaan ini dimungkinkan
karena fokus siswa satu dengan yang lain berbeda, dimana saat proses
pembelajaran menggunakan ceramah (konvensional) terdapat siswa yang fokus
terhadap proses pembelajaran akan tetapi banyak juga siswa yang masih sibuk
dengan urusannya sendiri seperti mengobrol, bercanda, dan sebagainya. Ini
juga terlihat dari hasil penilaian sikap pada kelas kontrol baik pada
pertemuan pertama dan pertemuan kedua
termasuk pada kategori cukup yang berarti fokus siswa terhadap pembelajaran
masih kurang.
|
Kesimpulan
|
Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan maka dapat di simpulkan bahwa: 1) ada
pengaruh positif metode pembelajaran tutor sebaya yang signifikan terhadap
hasil belajar kognitif siswa kelas X MIPA MAN 3 Cirebon sebesar 16,8 %; 2)
sikap siswa yang di ajar menggunakan metode tutor sebaya yang meliputi aspek disiplin,
jujur, tanggung jawab, dan kerja sama menjadi lebih meningkat. Hal ini dapat
dilihat pada berdasarkan lembar observasi afektif (sikap siswa) pada kelas
eksperimen diperoleh skor rata-rata pertemuan pertama sebesar 2,5 dan
pertemuan kedua sebesar 2,7 menurut pengkategorian skor termasuk dalam
kategori baik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar