Selasa, 19 Maret 2019

3. REVIEW JURNAL PTK


REVIEW JURNAL
Judul
Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement
Jurnal
Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Vol, No & Hal
Vol. 8, No. 1, pp. 7-16
p-ISSN
2088-351X
e-ISSN
2502-5457
Tahun
April 2018
Penulis
Noor Emmy Ekawati
Reviewer
Nurvadila
Tanggal
19 Maret 2019
Tujuan Penelitian
Merapkan pembelajaran blended learning dengan aplikasi Edmodo berbasis strategi PDEODEagar dapat  meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPA Fisika kelas VIII MTs N Magelang
Subjek Penelitian
Seluruh siswa kelas VIII F MTs Negeri Magelang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan
Jenis Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas
Hasil Penelitian
Penilaian prestasi belajar siswa dilihat dari aspek kognitif setelah pembelajaran siklus I selesai. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan edmodo. Pada evaluasi ini siswa diberi waktu 60 menit untuk mengerjakan secara online. Hasil nilai pada siklus I dapat dilihat pada tabel 3.
Dari hasil tersebut diperoleh persentase ketuntasan belajar IPA sebesar 38%. Hal ini belum sesuai dengan taraf ketuntasan belajar yaitu >85%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I juga belum sesuai dengan batas tuntas KKM yang seharusnya 75. Oleh karena itu perlu dilakukan refleksi dan tindakan pada siklus II.
Evaluasi atau postest siswa pada siklus II dilaksanakan setelah pembelajaran siklus II selesai. Tes berupa tes tertulis dengan jenis tes berupa pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Setelah dianalisis diperoleh hasil prestasi belajar siswa yang ditunjukkan pada tabel 4.
Dari gambar, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum tindakan sampai dilakukan tindakan penelitian pada siklus II. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu pra siklus ke siklus 1 terjadi peningkatan 31 %, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 62%, dan peningkatan dari prasiklus sampai ke siklus II sebesar 93 %.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian yang telah diuraikan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan blended learning dengan aplikasi edmodo berbasis strategi pembelajaran PDEODE dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIF MTs N Magelang. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu prasiklus ke siklus 1 terjadi peningkatan 31 %, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 62%, dan peningkatan dari prasiklus sampai ke siklus II sebesar 93 %.

Jurnalnya klik disini https://drive.google.com/open?id=1VUN_3DIZ9Wg6hruneuaxxlK4NnyAjeVI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar