REVIEW JURNAL
Judul
|
Application of Blended Learning with Edmodo
Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning
Achievement
|
Jurnal
|
Jurnal Ilmiah
Pendidikan MIPA
|
Vol, No & Hal
|
Vol. 8, No. 1,
pp. 7-16
|
p-ISSN
|
2088-351X
|
e-ISSN
|
2502-5457
|
Tahun
|
April 2018
|
Penulis
|
Noor Emmy
Ekawati
|
Reviewer
|
Nurvadila
|
Tanggal
|
19 Maret 2019
|
Tujuan Penelitian
|
Merapkan pembelajaran
blended learning dengan aplikasi
Edmodo berbasis strategi PDEODEagar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam
pelajaran IPA Fisika kelas VIII MTs N Magelang
|
Subjek Penelitian
|
Seluruh siswa
kelas VIII F MTs Negeri Magelang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 29
siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan
|
Jenis Penelitian
|
Penelitian
Tindakan Kelas
|
Hasil Penelitian
|
Penilaian
prestasi belajar siswa dilihat dari aspek kognitif setelah pembelajaran
siklus I selesai. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan edmodo. Pada evaluasi
ini siswa diberi waktu 60 menit untuk mengerjakan secara online. Hasil nilai
pada siklus I dapat dilihat pada tabel 3.
Dari hasil
tersebut diperoleh persentase ketuntasan belajar IPA sebesar 38%. Hal ini
belum sesuai dengan taraf ketuntasan belajar yaitu >85%. Nilai rata-rata
siswa pada siklus I juga belum sesuai dengan batas tuntas KKM yang seharusnya
75. Oleh karena itu perlu dilakukan refleksi dan tindakan pada siklus II.
Evaluasi atau
postest siswa pada siklus II dilaksanakan setelah pembelajaran siklus II
selesai. Tes berupa tes tertulis dengan jenis tes berupa pilihan ganda
sebanyak 30 butir soal. Setelah dianalisis diperoleh hasil prestasi belajar
siswa yang ditunjukkan pada tabel 4.
Dari gambar,
menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang
signifikan dari sebelum tindakan sampai dilakukan tindakan penelitian pada
siklus II. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase ketuntasan belajar siswa
yaitu pra siklus ke siklus 1 terjadi peningkatan 31 %, peningkatan dari
siklus I ke siklus II sebesar 62%, dan peningkatan dari prasiklus sampai ke
siklus II sebesar 93 %.
|
Kesimpulan
|
Berdasarkan
hasil dan pembahasan pada penelitian yang telah diuraikan, maka dapat
diperoleh kesimpulan bahwa penerapan blended learning dengan aplikasi edmodo
berbasis strategi pembelajaran PDEODE dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas VIIIF MTs N Magelang. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase
ketuntasan belajar siswa yaitu prasiklus ke siklus 1 terjadi peningkatan 31
%, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 62%, dan peningkatan dari
prasiklus sampai ke siklus II sebesar 93 %.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar