Selasa, 19 Maret 2019

2. REVIEW JURNAL PTK


REVIEW JURNAL
Judul
Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation 
Jurnal
Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol, No & Hal
Vol 6 no.1 pp. 130-141
ISSN
-
Tahun
Februari 2018
Penulis
Ulul Azmi Purnamasari, Muhammad Arifuddin, Sri Hartini
Reviewer
Nurvadila
Tanggal
19 Maret 2019
Tujuan Penelitian
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Banjarmasin pada materi ajar IPA dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), didukung dengan tujuan khusus yaitu:
(1) mendeskripsikan keterlaksanaan RPP,
(2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan
(3) mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Subjek Penelitian
Guru dan siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 32 orang
Jenis Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas
Hasil Penelitian
Hasil pengamatan keterlaksanaan RPP model group investigation secara keseluruhan selama penelitian tdapat dilihat pada tabel 2.
Rata-rata presentase hasil analisis aktivitas siswa pada proses kegiatan belajar mengajar setiap akhir siklus dapat dilihat pada tabel 3.
Hasil belajar siswa dapat dilihat pada tabel 4.
Kesimpulan
Berdasaran hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Banjarmasin.

Jurnalnya klik disini https://drive.google.com/open?id=1eiL_TnacTvHslWOboRrmm_jErS_r1owx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar