REVIEW JURNAL
Judul
|
Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ipa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation
|
Jurnal
|
Berkala Ilmiah
Pendidikan Fisika
|
Vol, No & Hal
|
Vol 6 no.1 pp.
130-141
|
ISSN
|
-
|
Tahun
|
Februari 2018
|
Penulis
|
Ulul Azmi Purnamasari,
Muhammad Arifuddin, Sri Hartini
|
Reviewer
|
Nurvadila
|
Tanggal
|
19 Maret 2019
|
Tujuan Penelitian
|
Tujuan umum
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara meningkatkan aktivitas
belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Banjarmasin pada materi ajar IPA
dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), didukung
dengan tujuan khusus yaitu:
(1)
mendeskripsikan keterlaksanaan RPP,
(2)
mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan
(3)
mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
|
Subjek Penelitian
|
Guru dan siswa
kelas VIII G SMP Negeri 1 Banjarmasin tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 32
orang
|
Jenis Penelitian
|
Penelitian
Tindakan Kelas
|
Hasil Penelitian
|
Hasil
pengamatan keterlaksanaan RPP model group investigation secara keseluruhan
selama penelitian tdapat dilihat pada tabel 2.
Rata-rata
presentase hasil analisis aktivitas siswa pada proses kegiatan belajar
mengajar setiap akhir siklus dapat dilihat pada tabel 3.
Hasil belajar
siswa dapat dilihat pada tabel 4.
|
Kesimpulan
|
Berdasaran
hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan
aktivitas guru dan siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Banjarmasin.
|
Jurnalnya klik disini https://drive.google.com/open?id=1eiL_TnacTvHslWOboRrmm_jErS_r1owx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar