REVIEW JURNAL
Judul
|
Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Di Kelas Xii Ipa 1 Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah
|
Jurnal
|
Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial )
|
Vol, No & Hal
|
Volume 2 Nomor 1 pp 33-36
|
e-ISSN
|
2541-657X
|
Tahun
|
Januari 2018
|
Penulis
|
Hotma Saritua Tarihoran, S.Pd, M.M
|
Reviewer
|
Nurvadila
|
Tanggal
|
19 Maret 2019
|
Tujuan Penelitian
|
Menggunakan metode pembelajaran problem solving agar meningkatkan hasil belajar siswa
|
Subjek Penelitian
|
Siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 38 orang
|
Metode Penelitian
|
Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action research)
|
Hasil Penelitian
|
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan, demikian pula peningkatan perubahan keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar fisika. Dimana nilai rata-rata penguasaan siswa dari 52,37 (kategori rendah) meningkat menjadi 68,70 (kategori sedang) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,00 (kategori sedang) siswa yang tuntas meningkat dari 21 orang menjadi 26 orang dan pada siklus II menjadi 36 orang. Demikian pula perolehan nilai tertinggi dari 80, menjadi 92 pada siklus I dan nilai 95 pada siklus II.
|
Kesimpulan
|
Adapun kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Pembelajaran dengan menggunakan problem solving merupakan suatu cara atau metode yang baik dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Pinangsori khususnya di kelas XII IPA 1.
2. Hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran pemecahan masalah menjadi meningkat.
3. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran setelah dilakukan tindakan baik pada siklus I dan siklus II semakin meningkat.
|
Jurnalnya klik di sini https://drive.google.com/open?id=1Ap_LOl6dCYmwWD0y2JYge4RdHRVST44C
kak kalau review tesis apa sama modelnya?
BalasHapus