TUGAS 3
METODE STUDI PUSTAKA
METODE STUDI PUSTAKA
Nama Jurnal : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Tahun :April 2018
Nama Paper :
Application of Blended
Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to
Increase Student Learning Achievement
Nama Penulis : Noor Emmy Ekawati
Vol, No & Hal : Vol. 8,
No. 1, pp. 7-16
p-ISSN : 2088-351X
e-ISSN : 2502-5457
Isi Jurnal:
a. Topik: Penerapan Blended Learning dengan Aplikasi Edmodo
Berbasis Strategi Pembelajaran PDEODE Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
b. Permasalahan
1.
Masih banyak
siswa yang menjadikan fisika sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan.
2.
Guru di sekolah
tersebut mayoritas masih menggunakan model konvensional yaitu dengan metode
ceramah.
3.
Penggunaan media
pembelajaran atau alat peraga belum banyak dilakukan oleh guru.
4.
Pembelajaran
yang monoton dan tidak menyenangkan.
5. Siswa jadi kurang termotivasi dalam belajar fisika.
c. Sampel: Seluruh siswa kelas VIII F MTs Negeri Magelang tahun
ajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki
dan 12 siswa perempuan.
d. Analisis
Data
Dalam penelitian ini analisis data meliputi data hasil
observasi pelaksanaan pembelajaran melalui Blended Learning dengan aplikasi
Edmodo berbasis strategi pembelajaran PDEODE, data pretest dan postest siklus.
Prestasi belajar siswa dinilai melalui tes evaluasi dengan persamaan menghitung
nilai rata-rata kelas.
Untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik
digunakan rumus:
KB : T/Tt x 100%
Dengan:
KB: ketuntasan belajar
T: Jumlah peserta didik yang tuntas belajar
Tt: Jumlah seluruh peseta didik
Data yang dipakai untuk
melihat peningkatan prestasi belajar adalah data hasil pretest dan posttest.
Selanjutnya hasil tes tersebut dihitung rata – ratanya dengan menggunakan rumus
Gain standar (Sugiyono, 2011).
Gain standar = (skorposttest-skorpretest)/(skormaksimum-skorpretest)
e. Hasil
Persentase ketuntasan belajar siswa yaitu pra siklus
ke siklus 1 terjadi peningkatan 31 %, peningkatan dari siklus I ke siklus II
sebesar 62%, dan peningkatan dari prasiklus sampai ke siklus II sebesar 93 %.
f. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian yang
telah diuraikan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan blended
learning dengan aplikasi edmodo berbasis strategi pembelajaran PDEODE dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas VIIIF MTs N Magelang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar