Selasa, 14 Mei 2019

3) METODE STUDI PUSTAKA


TUGAS 3
METODE STUDI PUSTAKA

Nama Jurnal              : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA
Tahun                         :April 2018
Nama Paper           : Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement
Nama Penulis             : Noor Emmy Ekawati
Vol, No & Hal            : Vol. 8, No. 1, pp. 7-16
p-ISSN                        : 2088-351X
e-ISSN                        : 2502-5457

Isi Jurnal:
a.      Topik: Penerapan Blended Learning dengan Aplikasi Edmodo Berbasis Strategi Pembelajaran PDEODE Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa 
b.      Permasalahan
1.      Masih banyak siswa yang menjadikan fisika sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan.
2.      Guru di sekolah tersebut mayoritas masih menggunakan model konvensional yaitu dengan metode ceramah.
3.      Penggunaan media pembelajaran atau alat peraga belum banyak dilakukan oleh guru.
4.      Pembelajaran yang monoton dan tidak menyenangkan.
5.      Siswa jadi kurang termotivasi dalam belajar fisika.
c.       Sampel: Seluruh siswa kelas VIII F MTs Negeri Magelang tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan.
d.      Analisis Data
Dalam penelitian ini analisis data meliputi data hasil observasi pelaksanaan pembelajaran melalui Blended Learning dengan aplikasi Edmodo berbasis strategi pembelajaran PDEODE, data pretest dan postest siklus. Prestasi belajar siswa dinilai melalui tes evaluasi dengan persamaan menghitung nilai rata-rata kelas.
Untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik digunakan rumus:
KB : T/Tt x 100%
Dengan:
KB: ketuntasan belajar
T: Jumlah peserta didik yang tuntas belajar
Tt: Jumlah seluruh peseta didik
Data yang dipakai untuk melihat peningkatan prestasi belajar adalah data hasil pretest dan posttest. Selanjutnya hasil tes tersebut dihitung rata – ratanya dengan menggunakan rumus Gain standar (Sugiyono, 2011).
Gain standar = (skorposttest-skorpretest)/(skormaksimum-skorpretest)
e.       Hasil
Persentase ketuntasan belajar siswa yaitu pra siklus ke siklus 1 terjadi peningkatan 31 %, peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 62%, dan peningkatan dari prasiklus sampai ke siklus II sebesar 93 %.
f.       Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan pada penelitian yang telah diuraikan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa penerapan blended learning dengan aplikasi edmodo berbasis strategi pembelajaran PDEODE dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIIF MTs N Magelang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar