Pengertian Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya)
Peer Tutoring (Tutor Sebaya) adalah seorang siswa
pandai yang membantu belajar siswa lainnya dalam tingkat kelas yang sama
(Djalil, 2003). Peer Tutoring (Tutor
Sebaya) merupakan salah satu dari strategi pembelajaran yang berbasis active learning. Beberapa ahli percaya
bahwa satu pelajaran benar-benar dikuasai hanya apabila peserta didik mampu
mengajarkan pada peserta didik lainnya. Mengajar teman sebaya memberikan
kesempatan dan mendorong pada peserta didik mempelajari sesuatu dengan baik,
dan pada waktu yang sama ia menjadi narasumber bagi yang lain. Pembelajaran peer teaching merupakan cara yang
efektif untuk menghasilkan kemampuan mengajar teman sebaya (Silberman, 2006). Dipandang
dari tingkat partisipasi aktif siswa, keuntungan belajar secara berkelompok
dengan tutor sebaya mempunyai tingkat partisipasi aktif siswa lebih tinggi
(Harsanto, 2009).
Sumber:
Djalil, Aria. (2003). Pembelajaran Kelas Rangkap. Universitas
Terbuka.
Harsanto, Ratno. (2009). Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Jakarta:
Adicita.
Silberman, Melvin L. (2006). Active
Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar