Kamis, 23 Mei 2019

Pengertian Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya)


Pengertian Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya)

Peer Tutoring (Tutor Sebaya) adalah seorang siswa pandai yang membantu belajar siswa lainnya dalam tingkat kelas yang sama (Djalil, 2003). Peer Tutoring (Tutor Sebaya) merupakan salah satu dari strategi pembelajaran yang berbasis active learning. Beberapa ahli percaya bahwa satu pelajaran benar-benar dikuasai hanya apabila peserta didik mampu mengajarkan pada peserta didik lainnya. Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan dan mendorong pada peserta didik mempelajari sesuatu dengan baik, dan pada waktu yang sama ia menjadi narasumber bagi yang lain. Pembelajaran peer teaching merupakan cara yang efektif untuk menghasilkan kemampuan mengajar teman sebaya (Silberman, 2006). Dipandang dari tingkat partisipasi aktif siswa, keuntungan belajar secara berkelompok dengan tutor sebaya mempunyai tingkat partisipasi aktif siswa lebih tinggi (Harsanto, 2009).

Sumber:
Djalil, Aria. (2003). Pembelajaran Kelas Rangkap. Universitas Terbuka.
Harsanto, Ratno. (2009). Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Jakarta: Adicita.
Silberman, Melvin L. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar