Tujuan Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya)
Jika bantuan diberikan kepada teman sekelasnya di sekolah, maka:
1) Beberapa siswa yang pandai
disuruh mempelajari suatu topik
2) Guru memberi penjelasan umum
tentang topik yang akan dibahasnya
3) Kelas dibagi dalam kelompok dan siswa yang pandai disebar ke setiap kelompok
untuk memberikan bantuannya.
4) Guru membimbing siswa yang perlu mendapat bimbingan khusus
5) Jika ada masalah yang tidak terpecahkan, siswa yang pandai meminta
bantuan kepada guru
6) Guru mengadakan evaluasi
Jika bantuan diberikan kepada teman sekelasnya di luar kelas, maka :
1) guru menunjukkan siswa yang pandai untuk memimpin
kelompok belajar di luar kelas
2) tiap siswa disuruh bergabung dengan siswa yang pandai itu, seusai dengan
minat, jenis kelamin, jarak tempat tinggal, dan pemerataan jumlah anggota
kelompok
3) guru memberi tugas yang harus dikerjakan para siswa di rumah
4) pada waktu yang telah ditentukan hasil kerja kelompok dibahas di kelas
5) kelompok yang berhasil baik diberi penghargaan
6) sewaktu-waktu guru berkunjung ke tempat seusai berdiskusi
7) tempat diskusidapat berpindah-pindah (bergilir)
Sumber:
Semiawan, Conny. (2000). Pendekatan
Ketrampilan Proses. Jakarta: PT. Gramedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar