Kamis, 23 Mei 2019

Tujuan Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya)


Tujuan Metode Peer Tutoring (Tutor Sebaya)

Jika bantuan diberikan kepada teman sekelasnya di sekolah,  maka:
1)  Beberapa siswa yang pandai disuruh mempelajari suatu topik
2)  Guru memberi penjelasan umum tentang topik yang akan dibahasnya
3) Kelas dibagi dalam kelompok dan siswa yang pandai disebar ke setiap kelompok untuk memberikan bantuannya.
4) Guru membimbing siswa yang perlu mendapat bimbingan khusus
5) Jika ada masalah yang tidak terpecahkan, siswa yang pandai meminta bantuan kepada guru
6) Guru mengadakan evaluasi

Jika bantuan diberikan kepada teman sekelasnya di luar kelas, maka :
1) guru menunjukkan siswa yang pandai untuk memimpin kelompok belajar di luar kelas
2) tiap siswa disuruh bergabung dengan siswa yang pandai itu, seusai dengan minat, jenis kelamin, jarak tempat tinggal, dan pemerataan jumlah anggota kelompok
3) guru memberi tugas yang harus dikerjakan para siswa di rumah 
4) pada waktu yang telah ditentukan hasil kerja kelompok dibahas di kelas
5) kelompok yang berhasil baik diberi penghargaan
6) sewaktu-waktu guru berkunjung ke tempat seusai berdiskusi
7) tempat diskusidapat berpindah-pindah (bergilir)

Sumber:
Semiawan, Conny. (2000). Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: PT. Gramedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar