Jumat, 17 Mei 2019

TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


Tujuan Penelitian Tindakan Kelas

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat digolongkan atas dua jenis, tujuan utama dan tujuan sertaan (Muthoharoh, 2009). Tujuan tujuan ini adalah sebagai berikut.

1.      Tujuan Utama
  1. Tujuan utama pertama, melakukan perbaikan dan peningkatan profesional Guru dalam menangani proses pembelajaran. Tujuan tersebut dapat dicapai  dengan refleksi untuk mendiagnosis kondisi, kemudian mencoba secara sistematis berbagai model pembelajaran alternatif yang diyakini secara teoritis dan praktis dapat memecahkan masalah pembelajaran. Dengan kata lain, guru melakukan perencanaan, melaksanakan tindakan, melakukan evaluasi, dan releksi.
  2. Tujuan utama kedua, melakukan pengembangan keterampilan Guru yang bertolak dari kebutuhan untuk menanggulangi berbagai persoalan aktual yang dihadapinya terkait dengan pembelajaran. Tujuan ini dilandasi oleh tiga hal penting (1) kebutuhan pelaksanaan tumbuh dari Guru sendiri, bukan karena ditugaskan olch kepala sekolah, (2) proses latihan dilakukan secara hand-on dan mind-on, tidak dalam interaksi artifisial, (3) produknya adalah sebuah nilai, karena keilmiahan segi pelaksanakan akan didukung oleh lingkungan

2.      Tujuan sertaan, menumbuh kembangkan budaya di kalangan Guru.
Jadi ketika kita berbicara mengenai tujuan Penelitian kelas bisa dilihat penelitian tindakan kelas mampu menawarkan pendekatan dan prosedur yang mempunyai dampak langsung untuk perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Suyanto, (1997:7) menjelaskan bahwa "Tujuan utama penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas". Penelitian kelas ini merupakan suatu bentuk penelitian yang dilakukan saat proses belajar mengajar berlangsung yang bersifat reflektif kolaboratif dengan melakukan tindakan-tindakan yang tepat dengan subjek yang diteliti adalah siswa.

Sumber:

Hanifah, Nurdinah. 2014. Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan
        Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar