Tujuan
Penelitian Tindakan Kelas
Tujuan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat digolongkan atas dua jenis, tujuan utama
dan tujuan sertaan (Muthoharoh, 2009). Tujuan tujuan ini adalah sebagai
berikut.
1.
Tujuan
Utama
- Tujuan utama
pertama, melakukan perbaikan dan
peningkatan profesional Guru dalam menangani proses pembelajaran. Tujuan
tersebut dapat dicapai dengan
refleksi untuk mendiagnosis kondisi, kemudian mencoba secara sistematis
berbagai model pembelajaran alternatif yang diyakini secara teoritis dan praktis
dapat memecahkan masalah pembelajaran. Dengan kata lain, guru melakukan
perencanaan, melaksanakan tindakan, melakukan evaluasi, dan releksi.
- Tujuan utama kedua,
melakukan pengembangan keterampilan Guru yang bertolak dari kebutuhan
untuk menanggulangi berbagai persoalan aktual yang dihadapinya terkait
dengan pembelajaran. Tujuan ini dilandasi oleh tiga hal penting (1)
kebutuhan pelaksanaan tumbuh dari Guru sendiri, bukan karena ditugaskan
olch kepala sekolah, (2) proses latihan dilakukan secara hand-on dan mind-on, tidak dalam interaksi artifisial, (3) produknya
adalah sebuah nilai, karena keilmiahan segi pelaksanakan akan didukung
oleh lingkungan
2.
Tujuan
sertaan, menumbuh kembangkan budaya di kalangan Guru.
Jadi
ketika kita berbicara mengenai tujuan Penelitian kelas bisa dilihat penelitian
tindakan kelas mampu menawarkan pendekatan dan prosedur yang mempunyai dampak
langsung untuk perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru dalam mengelola
pembelajaran di kelas. Suyanto, (1997:7) menjelaskan bahwa "Tujuan utama penelitian tindakan kelas ini
adalah untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas". Penelitian
kelas ini merupakan suatu bentuk penelitian yang dilakukan saat proses belajar
mengajar berlangsung yang bersifat reflektif kolaboratif dengan melakukan
tindakan-tindakan yang tepat dengan subjek yang diteliti adalah siswa.
Sumber:
Hanifah,
Nurdinah. 2014. Memahami Penelitian
Tindakan Kelas: Teori dan
Aplikasinya. Bandung: UPI
PRESS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar